Beranda | Artikel
Tafsir Surat Al-Baqarah Ayat 40-41 (Ustadz Badrusalam, Lc.)
Selasa, 18 Juli 2017

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Yahya Badrusalam

Kajian Tafsir Al-Quran oleh: Ustadz Abu Yahya Badrusalam, Lc.

(Download juga kajian sebelumnya: “Tafsir Surat Al-Baqarah [2]: 30-34“)

Ringkasan Kajian Tafsir Al-Quran: Tafsir Surat Al-Baqarah [2]: 40-41

Di ayat yang ke-40 Allah Ta’ala berfirman:

يَا بَنِي إِسْرَائِيلَ اذْكُرُوا نِعْمَتِيَ الَّتِي أَنْعَمْتُ عَلَيْكُمْ وَأَوْفُوا بِعَهْدِي أُوفِ بِعَهْدِكُمْ وَإِيَّايَ فَارْهَبُونِ ﴿٤٠﴾

“Hai Bani Israil, ingatlah akan nikmat-Ku yang telah Aku anugerahkan kepadamu, dan penuhilah janjimu kepada-Ku, niscaya Aku penuhi janji-Ku kepadamu; dan hanya kepada-Ku-lah kamu harus takut (tunduk).” (QS Al-Baqarah [2]: 40)

Pada ayat ini Allah mengajarkan akhlak yang luar biasa. Allah memanggil Yahudi dengan panggilan yang sangat lembut. Allah memanggil dengan sebutan Bani Israil, seakan Allah mengingatkan kepada orang-orang Yahudi bahwa mereka adalah keturunan seorang Nabi Ya’qub alaissalam yang mulia. Allah memerintahkan kepada mereka untuk mengingat banyaknya nikmat yang telah Allah anugerahkan. Allah memerintahkan untuk memenuhi janji seperti yang disebutkan dalam Q.S Al-Maidah[5]: 12. Jika mereka memenuhi janji mereka, maka Allah akan memenuhi janji-Nya yaitu mengampuni dosa-dosa dan Allah akan memasukkan mereka kedalam surga. Kemudian setelah Allah memberikan motivasi, lalu Allah memberikan ancaman di akhir ayat. Bahwasannya Allah mampu mengadzab mereka dengan adzab yang pedih.

Di ayat yang ke-41 Allah Ta’ala juga berfirman:

وَآمِنُوا بِمَا أَنزَلْتُ مُصَدِّقًا لِّمَا مَعَكُمْ وَلَا تَكُونُوا أَوَّلَ كَافِرٍ بِهِ ۖ وَلَا تَشْتَرُوا بِآيَاتِي ثَمَنًا قَلِيلًا وَإِيَّايَ فَاتَّقُونِ ﴿٤١﴾

Dan berimanlah kamu kepada apa yang telah Aku turunkan (Al Quran) yang membenarkan apa yang ada padamu (Taurat), dan janganlah kamu menjadi orang yang pertama kafir kepadanya, dan janganlah kamu menukarkan ayat-ayat-Ku dengan harga yang rendah, dan hanya kepada Akulah kamu harus bertakwa. (QS Al-Baqarah [2]: 41)

Simak penjelasan selengkapnya dari tafsir ayat-ayat tersebut di dalam rekaman kajian yang disampaikan oleh Ustadz Badrusalam, Lc. berikut ini.

Download Kajian Tafsir Al-Quran: Tafsir Surat Al-Baqarah [2]: 40-41


Jangan lupa untuk ikut membagikan link download kajian ini ke Facebook, Twitter, dan Google+. Semoga bisa menjadi pembuka pintu kebaikan bagi orang lain.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/28138-tafsir-surat-al-baqarah-ayat-40-41-ustadz-badrusalam-lc/